Solid Berjangka | 10 Hal Sepele Ini Bikin Anda Dipandang Tak Profesional dalam Bekerja

Solid Berjangka | 10 Hal Sepele Ini Bikin Anda Dipandang Tak Profesional dalam Bekerja
Solid Berjangka | 10 Hal Sepele Ini Bikin Anda Dipandang Tak Profesional dalam Bekerja

Solid Berjangka Manado – Mungkin tidak disadari, Seseorang itu menjadi terlihat tidak profesional saat bekerja. Nah, apakah Anda sendiri merasa sudah cukup profesional di tempat kerja?

Tentu saja, penting bagi Anda pekerja untuk mengenali apa saja yang mungkin sudah menjadi kebiasaan dan tanpa disadari membuat Anda terlihat tidak profesional. pastinya anda tidak mau mendapat citra buruk di kantor, bukan?

Untuk mengetahuinya, cek hal-hal sepele yang bisa membuat Anda tampak tidak profesional saat bekerja.

1. Julid dengan Penampilan Teman Kerja Lainnya
Sebaiknya Anda bisa lebih menjaga ucapan saat berada di kantor. Jangan sampai Anda memperlihatkan ketidakprofesionalan dengan mengomentari penampilan teman kerja. Meski mereka memiliki penampilan yang menurut Anda aneh, cobalah lebih berpikiran terbuka. Setiap orang memiliki selera masing-masing.

Mereka juga memiliki hak untuk mengatur bagaimana penampilan mereka, selama masih dalam kategori yang sopan. Jadi, jangan biasakan julid dengan penampilan teman kerja, ya?

2. Kepo dengan Masalah Pribadi Teman Kerja dan Bergosip
Meskipun di kantor Anda memiliki rekan yang bisa dianggap sangat dekat, sebaiknya tetaplah menjaga jarak. Jangan sekali-kali menanyakan masalah pribadi teman Anda selama di kantor, karena ini akan mengurangi profesionalisme Anda dalam bekerja.

Sebaiknya tanyalah masalah seputar pekerjaan kantor. Jika memang benar-benar membutuhkan teman bicara, Anda bisa saja bertanya seputar hal umum yang tidak menuju ke permasalahan pribadi.

Sebab jika terlalu mengarah ke hal pribadi, hal itu bisa membuat teman Anda canggung untuk menceritakannya. Kalau pun rekan kerja Anda ternyata ingin bercerita keluh kesah yang dirasakannya, biar dia yang memulainya terlebih dahulu.

Bukan hanya itu, bergosip atau menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya, meskipun mungkin asyik dan sering terjadi di lingkungan kerja, juga sangat dilarang untuk menjaga profesionalisme. Lebih baik manfaatkan waktu Anda semaksimal mungkin, jangan gunakan hanya untuk menggosip di kantor.

3. Bersikap Agresif dan Menggoda Teman Kantor
Tidak sepantasnya Anda menggoda teman kerja, meskipun kelihatannya mereka dekat dengan Anda. Bisa saja mereka menganggap kedekatan dengan Anda sekadar untuk melancarkan pekerjaan yang diberikan oleh atasan.

Jika Anda bersikap terlalu agresif, bahkan menggoda teman kerja yang sudah memiliki pasangan, itu juga bisa dikategorikan tidak berperasaan. Anda pun akan terlihat tidak profesional jika melakukan hal ini.

4. Kecanduan Ponsel dan Membukanya Setiap Saat
Gunakan smartphone Anda di saat sedang santai atau istirahat. Gunakan secara bijak, jangan sampai mengganggu aktivitas kerja Anda. Jika saat sedang rapat Anda masih bermain smartphone, ini tentu akan sangat mengganggu, bahkan bisa-bisa Anda mendapat teguran dari atasan.

5. Terlalu Berlebihan dalam Berbicara
Tahan terlebih dahulu hasrat untuk bercerita dengan teman kerja, terutama saat Anda mendapat tugas dari atasan. Jangan terlalu berlebihan dalam bercerita, karena itu hanya akan membuang waktu saja.

Selesaikan dulu semua pekerjaan Anda, barulah setelah itu lihat apakah teman yang lain sedang santai atau tidak. Dan jika memang sedang santai, tidak ada salahnya Anda bercerita dengan teman seputar masalah yang dihadapi.

6. Melakukan Blocking dengan Salah Satu Teman Kerja
Saat di kantor, Anda diharuskan untuk berkordinasi dengan semua staf karyawan. Dengan kata lain, Anda harus bisa berkomunikasi dengan semua pekerja kantor tersebut.
Anda tidak diperbolehkan melakukan blocking atau memilih untuk berteman dengan satu orang saja, atau katakanlah membuat geng sendiri. Ini biasanya terlihat tidak saja ketika waktu luang Anda hanya bersama si A, bahkan saat rapat pun Anda duduk di samping si A.

Itulah yang dinamakan blocking. Bahkan bukan hanya dengan satu orang saja, selalu bersama dengan beberapa orang tertentu juga tidaklah baik untuk menjaga profesionalisme kerja.

7. Memposting Hal Buruk tentang Atasan dan Rekan Kerja
Semua keburukan tentang perusahaan, termasuk tentang atasan dan karyawannya, sebaiknya Anda simpan rapat-rapat. Jangan sekal-kali hal itu Anda umbar di media sosial.

Meskipun misalnya, Anda tahu bahwa sebenarnya ada banyak karyawan yang tidak menyukai bos, tapi ini bukan alasan untuk mengumbarnya di media sosial. Ini hanya akan menunjukkan bahwa Anda kurang profesional dalam menjalankan kerja.

8. Selalu Minta Maaf secara Berlebihan
Meminta maaf saat melakukan kesalahan tentu wajar, bahkan sangat dibutuhkan untuk memperbaiki keadaan. Tapi berbeda ceritanya jika Anda melakukannya secara berlebihan.
Anda hanya akan terlihat sebagai orang yang lemah dan tidak profesional dalam menanggapi permasalahan jika itu dilakukan. Tentu Anda tidak mau hal itu terjadi, bukan?

9. Tidak Fokus Saat Mendengarkan Lawan Berbicara
Anda tentu tidak suka jika saat bercerita, ternyata orang yang Anda ajak cerita tidak fokus. Artinya, semua cerita yang Anda ceritakan tidak disimaknya dengan baik.

Nah, ini juga akan dirasakan oleh teman kerja maupun atasan, jika Anda sendiri pun bersikap demikian. Maka, usahakanlah untuk selalu fokus saat mendengarkan lawan Anda bercerita.

10. Memanggil Nama Panggilan yang Kurang Sopan
Sebaiknya, hindari menggunakan nama panggilan yang kurang sopan saat berada di kantor. Nama panggilan yang kurang sopan itu contohnya bisa sapaan “Say”, “Beb” atau “Yang”, atau juga gelar-gelar panggilan tak pantas lainnya.

Ini hanya akan mengurangi nilai keprofesionalan Anda dalam bekerja. Sebaiknya gunakan nama formal, atau minimal nama panggilan asli rekan Anda saat di kantor.

Berusahalah Memperbaiki Diri dan Kenali Kekurangan

jika selama ini Anda pernah melakukan beberapa hal di atas, sebaiknya Anda segera meminta maaf. Itulah solusi terbaik, dan kemudian Anda harus berusaha memperbaikinya. Semoga Anda bisa menghilangkan hal-hal yang membuat Anda terlihat kurang profesional saat bekerja. – Solid Berjangka.

Baca Juga :

Solid Berjangka | Kinerja Solid Gold Berjangka

Solid Berjangka | PT Solid Gold Berjangka Bantah Lakukan Bisnis Tak Wajar

Solid Berjangka | PT Solid Gold Berjangka Cetak Rapor Biru

Solid Berjangka | Solid Gold Berjangka Serius Bidik Milenial

Solid Berjangka | Kuartal 3 Solid Gold Berjangka Cetak Rapor Biru

Solid Berjangka | Luar Biasa Solid Gold Berjangka

Solid Berjangka | Transaksi Bursa Berjangka Melejit Solid Gold Catat Pertumbuhan

Solid Berjangka | Nasabah Baru PT Solid Gold Berjangka Makassar Tumbuh

Solid Berjangka | Kinerja Solid Gold Berjangka Catat Pertumbuhan

Solid Berjangka | Kinerja Kuartal Solid Gold Berjangka Cetak Rapor Biru

Solid Berjangka | Nasabah PT Solid Gold Berjangka Tumbuh Signifikan

Solid Berjangka | Perusahaan Berjangka Solid Gold Bidik Nasabah Milenial

Solid Berjangka | Kinerja Kuartal 3 Solid Gold Berjangka Cetak Rapor Biru

Solid Berjangka | Kinerja PT Solid Gold Berjangka Tumbuh Dua Ribu Persen Lebih

Solid Berjangka | Kuartal 3 Harga Emas Stabil Solid Gold Berjangka Cetak Rapor Biru

Solid Berjangka | Solid Gold Berjangka Ingin Hilangkan Persepsi Negatif

Solid Berjangka | Kinerja Solid Gold Berjangka Cetak Rapor Biru

Solid Berjangka | PT Solid Gold Berjangka Bukukan Pertumbuhan Volume Transaksi

Solid Berjangka | Perang Dagang Buat Emas Berkilau

Solid Berjangka | Harga Emas Anjlok

Solid Berjangka | Perdagangan Emas Paling Banyak Diminati Hari Ini

Solid Berjangka | Komoditas Kopi dan Emas Cukup Signifikan

Solid Berjangka | Olein Akan Meningkat di 2020

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.