Resmi! Ini Susunan Kabinet Jokowi 2019-2024

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi mengumumkan susunan kabinetnya periode 2019-2024 di Istana Kepresidenan, Rabu (23/10/2019). Susunan kabinet Jokowi jilid 2 ini diberi nama resmi Kabinet Indonesia Maju
Sesuai janji Jokowi sebelumnya, susunan kabinet saat ini merupakan gabungan para profesional hingga partai politik. Seperti prediksi sebelumnya beberapa nama baru muncul menjadi sosok menteri baru, salah satunya adalah Prabowo Subianto.
Begitu juga ada nama baru lain seperti Mahfud MD, Nadiem Makarim hingga Ida Fauzia. Sementara nama-nama lama masih mewarnai kabinet Jokowi jilid 2, mereka seperti Tjahjo Kumolo, Luhut Binsar Pandjaitan, Muhadjir Efendi maupun Yasonna Laoly.
Beberapa muka lama masih menempati posisi sebelumnya, namun ada juga yang digeser di pos kementerian yang baru. Salah satunya adalah Airlangga Hartarto yang dipercaya mengisi posisi Menko Perekonomian, di mana sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perindustrian. Posisi Menteri Perindustrian kini diisi oleh Agus Gumiwang Kartasasmita yang sebelumnya duduk sebagai Menteri Sosial.
Sebagai gantinya, Presiden Jokowi menunjuk sosok baru Juliari Batubara untuk mengisi kursi Menteri Sosial. Wajah baru juga ada di posisi Menteri Dalam Negeri atau Mendagri yang kini dijabat oleh mantan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
Sebelumnya, posisi Mendagri dijabat oleh Tjahjo Kumolo yang kini digeser menjadi Menpan RB. Perubahan posisi juga dialami oleh Muhadjir Efendi yang sebelumnya menjabat sebagai Mendikbud Dikti. Kali ini ia digeser sebagai Menteri PMK, sementara posisi lamanya diganti oleh wajah baru yang juga tokoh muda, siapa lagi kalau bukan Nadiem Makarim.
Meski demikian ada beberapa nama lama yang tidak lagi masuk sebagai jajaran menteri. Mereka seperti Wiranto, eks Menteri KKP Susi Pudjiastuti hingga Rini Sumarno yang sebelumnya menjabat menteri BUMN.
Perubahan juga terjadi di pos Jaksa Agung. Di mana sebelumnya dijabat oleh Muhammad Prasetyo, kini resmi digantikan oleh ST Burhanudin. Selain Jaksa Agung posisi Kepala BKPM juga berubah dari Thomas Lembong dan kini diganti Bahlil Lahadalia.

Berikut susunan kabinet Jokowi 2019-2024:

Menko Polhukam: Mahfud MD
Menko Perekonomian: Airlangga Hartarto
Menko Kemaritiman dan Investasi: Luhut B Pandjaitan
Menko PMK: Muhadjir Efendi
Mensesneg: Pratikno
Mendagri: Jenderal Tito Karnavian
Menlu: Retno LP Marsudi
Menhan: Prabowo Subianto
Menkum HAM: Yasonna Laoly
Menkeu: Sri Mulyani
Menteri ESDM: Arifin T
Menperin: Agus Gumiwang Kartasasmita
Mendag: Agus Suparmanto
Mentan: Syahrul Yasin Limpo
Menteri KLHK: Siti Nurbaya Bakar
Menhub: Budi Karya Sumadi
Menteri KKP: Edhy Prabowo
Menaker: Ida Fauziyah
Mendes PDTT: Abdul Halim Iskandar
Menteri PUPR: Basuki Hadimuljono
Menkes: dr Terawan
Mendikbud Dikti: Nadiem Makarim
Menristek: Bambang Brodjonegoro
Mensos: Juliari Batubara
Menteri Agama: Jenderal (Purn) Fachrul Razi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Wishnutama
Menkominfo: Johhny G Plate
Menkop UKM: Teten Masduki
Menteri PPPA: I Gusti Ayu Bintang Darmawati
MenPANRB: Tjahjo Kumolo
Menteri PPN/Kepala Bappenas: Suharso
Menteri ATR/Kepala BPN: Sofyan Djalil
Menteri BUMN: Erick Thohir
Menpora: Zainudin Amali

Pejabat Setingkat Menteri

Jaksa Agung: ST Burhanudin
Sekretaris Kabinet: Pramono Anung
Kepala Staf Kepresidenan: Moeldoko
Kepala BKPM: Bahlil Lahadalia

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.