Lebih Kuat Dibanding Bom Nuklir, Asteroid Apophis Bakal Hantam Bumi

Peneliti memperingatkan bahwa asteroid bernama Apophis yang dikenal juga dengan ‘God of Chaos’ memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Bahkan lebih besar 65.000 kali dari bom nuklir di Hiroshima.

Dilansir dari laman News Nation, Senin (9/9/2019) asteroid tersebut bahkan diperkirakan mampu mengenai Bumi dan menimbulkan kerusakan besar. Jatuhnya asteroid ke permukaan Bumi, dapat membawa tsunami, gelombang kejut, dan angin mendatar yang bisa menjadi bencana besar.

Menurut laporan Express, asteroid diberi nama Apophis yang dikaitkan dengan dewa kejahatan, kegelapan, dan kehancuran Mesir Kuno. Menurut para ilmuwan, asteroid akan meninggalkan kawah lebih dari satu mil lebar dan 518 meter.

Jika terkena, dampak asteroid Apophis, akan setara dengan 880 juta ton TNT yang diledakkan. Ini 65.000 kali lebih kuat dari bom nuklir yang dijatuhkan di Hiroshima.

NASA mengatakan bahwa asteroid itu mungkin melewati Bumi pada tahun 2029. Badan antariksa AS lebih lanjut mencatat bahwa ada peluang 2,7 persen untuk memengaruhi planet kita.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.