Ilmuwan Temukan Air Berbentuk Uap di Bulan Jupiter lho!

Teleskop luar angkasa Hubble telah menemukan bukti tidak langsung dari gumpalan di Bulan Jupiter, Europa, yang didiga menyimpan lautan asin di bawah lapisan esnya.
“Unsur-unsur kimia penting seperti karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, fosfor, dan sulfur serta sumber energi adalah dua dari tiga persyaratan untuk menunjang kehidupan dan mereka ditemukan di seluruh tata surya,” ucap Lucas Paganini, seorang ilmuwan planet di Pusat Penerbangan Antariksa Goddard NASA, Maryland.
Tapi yang ketiga, air cari, dia menabahkan, agak sulit ditemukan di luar Bumi.

“Kami belum mendeteksi air cair secara langsung, tapi kami menemukan adanya air dalam bentuk uap,” katanya.
Paganini dan timnya menggunakan W.M. Keck Observatory di Hawaii untuk mempelajari Europa.
Para ilmuwan mengamati Europa selama 17 malam. Namun, pada suatu malam mereka mendapat sinyal kuat berupa uap air dalam bentuk panjang gelombang cahaya inframerah.

Dilansir laman Space.com, uap air tersebut sekitar 2.300 ton, hampir cukup untuk mengisi kolam renang ukuran Olimpiade. Para ilmuwan menduga sumber air ini berasal dari lautan yang terkubur di dalam lapisan Europa.

Menyangkut dengan penemuan ini, NASA sendiri sedang mengembangkan misi Europa Clipper yang dijadwalkan akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2020-an. Clipper akan mengorbit Jupiter dan mempelajari Europa dari dekat.
Penemuan ini sendiri masih dalam tahap penelitian lanjutan. Paganini dan timnya telah menulis laporan mengenai penemuan tersebut yang diterbitkan dalam jurnal Nature Astronomy.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.