CEO Alibaba Daniel Zhang Buka Rahasia Aktivitas Pukul 00 di Singles’ Day

Perayaan Festival Belanja Global 11.11 Alibaba atau sebelumnya disebut Singles’ Day tahun 2019 berhasil memecahkan rekor nilai transaksi gross merchandise value (GMV) sebesar RMB268 miliar atau setara Rp536 triliun. Selain rekor tertinggi transaksi, sejumlah rekor baru lainnya juga terlampui, seperti jumlah pesanan pengiriman mencapai 1,3 miliar dan brand peserta lebih dari 200.000.
Setelah 11 tahun penyelenggaraan Festival Belanja Global 11.11 ini, pencetus 11.11 Daniel Zhang yang saat ini menjabat sebagai CEO Alibaba menyerahkan penyelenggaraan festival terbesar belanja online ini kepada generasi baru, setelah bertahun-tahun ia tangani. Ajang 11.11 tahun 2019 ini dipimpin oleh Jiang Fan, President Taobao dan Tmall.
Lalu apa yang dilakukan oleh Daniel Zhang setelah berturut-turut memimpin sendiri, dan kini menyerahkan agenda besar Alibaba Grup kepada Jiang Fan. Tim Alibabanews menemui Daniel Zhang menanyakan apa yang dilakukan Daniel saat jam menunjukkan pukul 00 pada 11 November lalu.
“Tahun ini merupakan pengalaman yang sangat baru buat Saya: Saya bisa fokus berbelanja,” ungkap Daniel Zhang. Tentu ini pengalaman sangat baru, karena selama 10 tahun sebelumnya, Daniel Zhang selalu pegang kendali utama di Festival Belanja Global 11.11 Alibaba.
“Dan tahun ini tanggungjawab utama saya adalah belanja, menjadi konsumen,” katanya.
Lalu apa alasan Daniel Zhang yakin menyerahkan kursi kepemimpinan kepada Jiang Fan? Menurut Daniel, Jiang Fan sudah siap mengambil tanggung jawab sebagai presiden marketplace ritel di Tiongkok, yaitu Taobao dan Tmall. “Saya merasa ia dan timnya telah membuktikan kemampuan mereka, pengetahuan mereka tentang pasar dan keahlian dalam berbisnis, juga kemampuan operasional,” kata Daniel.

11.11, yang dimulai tahun 2009 sebagai acara promosi kecil, telah berevolusi menjadi festival akbar untuk konsumen dunia di tahun penyelenggaraannya ke-11 kali ini. Kami telah melalui sepuluh tahun yang luar biasa. Dari tahun ke tahun, kami telah melihat konsumen kami semakin beragam dan berusia muda. Setiap generasi konsumen membutuhkan orang-orang seusia untuk melayani mereka. Saya sangat percaya bahwa kami tidak hanya perlu memahami cara hidup konsumen kami, namun memiliki gaya hidup yang sama.

“Saya rasa tim yang muda ini adalah masa depan Alibaba, yang benar-benar bisa memimpin evolusi dan pertumbuhan konsumsi di Tiongkok. Mereka memberi makna baru bagi 11.11. Mereka tidak hanya menciptakan nilai-nilai baru untuk Taobao dan Tmall, namun juga menggerakkan perkembangan bagi pasar konsumsi domestik di Tiongkok, maupun pasar konsumsi di seluruh dunia,” kata dia.
Tahun ini, tugas Daniel adalah memobilisasi sumber daya di seluruh ekosistem digital Alibaba untuk mendukung tim 11.11. “Saya yakin mereka akan menggunakan kreativitas dan antusiasme serta imajinasi mereka untuk menghadirkan pengalaman 11.11 yang baru untuk para konsumen, penjual dan di platform kami,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.