Cara Mencadangkan Kontak Smartphone ke Akun Google

Google secara otomatis akan membuat cadangan kontak, data aplikasi, riwayat panggilan, dan lainnya ke Google Drive. Tapi hal itu hanya akan terjadi jika pengguna menyinkronnya setelah membeli smartphone baru.
Jika pengguna Android ingin menyinkronkan kontak secara manual atau mengekspornya ke file yang terpisah ke akun Google, ada cara mudah yang bisa dilakukan.
Dilansir laman Lifewire, berikut cara mencadangkan dan mengekspor kontak ponsel ke akun Google:

1. Mencadangkan kontak ke akun Google secara manual
Buka Settings > Accounts > jika pengguna memiliki banyak akun Google, pilih salah satu > ketuk Account Sync > More > Sync Now.

2. Mencadangkan kontak dengan mengekspornya
Pengguna dapat mengambil kontak yang tersimpan di hard drive atau kartu SIM perangkat dan mengekspornya ke file .vcf. Ini akan memungkinkan pengguna mengimpor kontak tersebut ke smartphone baru.

Buka aplikasi Kontak di smartphone > Menu > Settings > Export > jika pengguna memiliki banyak akun, pilih salah satu > ketuk Save untuk mengunduh file .vcf.
Untuk mengunggah file .vcf ke smartphone baru, buka aplikasi Kontak > Settings > Import > .vcf file. Di pengelola Downloads, ketuk ikon Menu dan navigasikan ke tempat pengguna menyimpan file tersebut. Setelahnya, Google akan secara otomatis mengimpor data ke smartphone.

Selamat mencoba!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.