Afghanistan Akan Tukar 3 Tahanan Taliban dengan 2 Profesor AS dan Australia

Afghanistan akan membebaskan tiga komandan Taliban dalam rangka pertukaran tahanan dengan dua profesor asal Amerika Serikat (AS) dan Australia. Kedua profesor itu diketahui diculik Taliban sejak tahun 2016.
Seperti dilansir Reuters dan Associated Press, Selasa (12/11/2019), tiga komandan Taliban yang akan dibebaskan terdiri dari dua komandan senior Taliban dan seorang pemimpin kelompok Haqqani. Keputusan ini diumumkan oleh Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani.
Baca juga: Korban Jiwa Akibat Ledakan di Masjid Afghanistan Bertambah Jadi 62 Orang
Dalam pernyataannya, Presiden Ghani menyebut pembebasan tiga sosok penting Taliban ini merupakan keputusan sangat sulit yang harus diambilnya demi kepentingan rakyat Afghanistan. Keputusan ini diharapkan bisa membuka jalan bagi perundingan damai antara pemerintah Afghanistan dan Taliban.

“Demi membuka jalan untuk perundingan empat mata dengan Taliban, pemerintah telah memutuskan untuk membebaskan tahanan-tahanan Taliban sebagai pertukaran dengan dua profesor universitas,” ucap Presiden Ghani dalam pernyataan yang disiarkan televisi setempat.
Tiga komandan Taliban yang akan dibebaskan itu diidentifikasi sebagai Anas Haqqani, Haji Mali Khan dan Hafiz Rashid. Disebutkan Presiden Ghani bahwa ketiganya akan dibebaskan ‘secara bersyarat dalam pertukaran’ dengan dua profesor asing yang diculik Taliban.
Tidak disebutkan lebih lanjut soal kapan dan di mana ketiganya akan dibebaskan.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.