Ada yang pernah mikir gimana cara austronaut Mandi dan BAB di luar angkasa ?

Gimana sih caranya para Astronaut menjada kebersihan seperti mandi,buang air kecil dan bab?Berikut caranya.

Buang air kecil di Luar Angkasa
Dalam pesawat luar angkasa terdapat sebuah kamar kecil yang dinamakan WCS (Waste Containment System).
Masing-masing astronaut memiliki ujung selang buang air kecilnya sendiri, hal ini supaya tidak terjadinya perasaan jijik antara astronaut.
Ketika buang air kecil, astronaut perlu mengaktifkan WCS agar adanya udara dalam selang. Hal ini supaya urine yang keluar dapat tersalur ke tangki penyimpanan dengan lancar, tanpa terganggu gravitasi nol.

Latihan buang air besar

Untuk melakukan buang air besar di luar angkasa, astronaut butuh melatih dirinya sendiri dengan toilet latihan terlebih dahulu.
Astronaut harus mengingat posisi yang dilakukannya ketika latihan karena feses yang keluar tidak langsung masuk ke dalam saluran, melainkan masih terkena gravitasi nol.
Untuk memantapkan dudukan, toilet disediakan dengan penjepit untuk paha astronaut, sehingga tubuh astronaut tidak akan melayang ketika buang air besar.
Hal ini cukup sulit untuk dilakukan dan apabila toilet menjadi rusak dikarenakan hal ini, NASA menyediakan sebuah kantong untung buang air besar.

Mandi di luar angkasa
Untuk membersihkan diri, astronaut tidak bisa menikmati kucuran air dari shower karena harus menghemat air.
Maka dari itu astronaut menggunakan bahan seperti spons untuk membersihkan diri. Spons ini yang nantinya akan diberi sabun untuk diusapkan ke tubuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.